Asyiknya Terbang di Atas Kali Ciliwung

Selasa, 27 Februari 2018 - 12:17 WIB
Asyiknya Terbang di...
Asyiknya Terbang di Atas Kali Ciliwung
A A A
Wahana baru yang mengguncang adrenalin hadir di Depok, Jawa Barat. Bermain flying fox mungkin bisa jadi hal biasa, tapi bagaimana rasanya kalau bermain flying fox di atas Kali Ciliwung.

Pasti membayang kannya tentu seram ya. T api tenang saja, di sini bergelantungan di atas Kali Ciliwung bisa menjadi sangat menyenangkan. Penasaran dengan wahana ini? Anda bisa datang langsung ke Komunitas Ciliwung Depok (KCD) yang terletak di dekat pintu masuk Grand Depok City (GDC). Deg-degan rasanya?

Itu hal wajar bagi pemula yang bermain wahana ini. Tapi, kalau sudah pernah mencoba dan ketagihan tentu menjadi hal sangat seru tentunya. Anda bisa merasakan sensasi yang menakjubkan di atas Kali Ciliwung.

Ketua KCD Taufik DS mengatakan, wahana flying fox ini dibuka setiap Sabtu dan Minggu. Soal harga tak perlu risau. Di sana harga yang ditawarkan sangat bersahabat dengan kantong. Untuk dua kali terbang di atas Kali Ciliwung hanya membayar Rp35.000 untuk dewasa dan Rp25.000 untuk anak-anak. Flying fox ini panjangnya 160 meter.

"Hiburan ini dibuka untuk umum. Siapa saja bisa main," kata Taufik. Dengan bergelantungan di atas Kali Ciliwung, maka kita bisa melihat langsung bagaimana pemandangan kali yang legendaris ini. Harapannya, warga menjadi punya kesadaran untuk menjaga kelestarian kali tersebut sehingga mereka tidak lagi membuang sampah sembarangan yang tentu mengotori kali dan bisa berdampak munculnya bencana banjir.

"Fungsinya untuk edukasi dan mengenalkan kepada mereka pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan Kali Ciliwung," ujarnya.

Menariknya, uang yang dihasilkan dari wisata ini juga tidak dimanfaatkan untuk pribadi, melainkan dipergunakan untuk menjaga kelestarian Kali Ciliwung. "Hasil dari wahana kami salurkan untuk kas KCD. Peruntukannya bagi kegiatan sosial di Ciliwung," katanya.

Bambang, salah seorang relawan KCD, menjamin wahana ini sangat aman karena dibuat dan dijaga para relawan KCD yang profesional di bidangnya. "Wahana ini sangat bagus untuk anak-anak, terutama melatih mentalitas dan kepercayaan diri mereka. Selain itu, wahana ini juga memperkenalkan keindahan Kali Ciliwung kepada mereka," kata Bambang.

Harapannya, mereka nanti turut menjaga kebersihan Kali Ciliwung dan lebih peduli akan kelestariannya. "Jadi, mereka akan mengerti bahwa kali atau sungai bukanlah tempat membuang sampah, tetapi harus kita jaga kelestarian lingkungannya," kata Bambang. Wahana ini dibuka sejak pagi hingga sore hari.

"Ini bagian dari kegiatan KCD untuk mengampanyekan kepedulian akan kelestarian Kali Ciliwung," kata Bambang. Irwan, salah satu pengunjung, mengaku penasaran dengan wahana ini. Dirinya ingin merasakan sensasi lain bermain flying fox . "Biasanya, kan cuma tali diikat ke tiang. Nah, ini kan langsung bergelantung di jembatan yang di bawahnya Kali Ciliwung," katanya.

Begitu berada tepat di atas kali, dia merasakan sensasi spektakuler. Dia melihat langsung bagaimana arus air mengalir di Kali Ciliwung. "Seru banget. Sempat ngeri juga sih, tapi sumpah keren," ujarnya. Menurut dia, flying fox di atas Kali Ciliwung ini cocok bagi para keluarga yang ada di sekitar Kota Depok. Bahkan, di lokasi bersih dan nyaman. "Saya baru pertama kali ke sini, tempatnya enak. Kami juga diberikan edukasi soal Ciliwung," ucap dia. (R Ratna Purnama)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0501 seconds (0.1#10.140)